Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jikstra <div style="background-color: #1e7a96; border: 2px solid #1e7a96; border-radius: 5px; text-align: justify; padding: 5px; font-family: sans-serif; font-size: 14px; margin-left: 0px;">Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) is a scientific journal published by the Universitas Harapan Medan. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on Computer Science and Information Technology. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) is published twice a year in Aprill and October. The paper is an original script and has a research base on Computer Science and Information Technology. The scope of the paper includes several studies but is not limited to the study Artificial Intelligence, Computer Graphics and Animation, Image Processing, Cryptography, Computer Network Security, Modelling and Simulation, Multimedia, Computer Architecture Design, Computer Vision and Robotics, Parallel and Distributed Computing, Operating System, Information System, Mobile Computing, Natural Language Processing, Data Mining, Machine Learning, Expert System and Geographical Information System. Thus, we invite Academics, Researchers, and Practitioners to participate in submitting their work to this journal. E-ISSN : 2747-2485 P-ISSN : 2715-887X To submit an article to Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) , please follow Author Guidelines, For those who have not registered in Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) , please Register, If you already have username and password as Author, please Login Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) of Computer Science and Information Technology, has indexed by: <a style="color: red;" href="https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&amp;hl=id&amp;authuser=2&amp;user=L7IRZCgAAAAJ&amp;gmla=AJsN-F5v8tZ1RYk4RUfX2WQnCbWFYBsGFiyNOiVgaTqX1clpxYEb8JnFVqUxg5Z_Efb2k7wfD4xe1hAMr7-RffX_w4RwWpWSgB6CCiJrKT3BBDVh_zQq4CeNECvRJ4Cn-Z_vIB6rOIMH" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a> || <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/22036" target="_blank" rel="noopener">Portal Garuda</a> || <a href="https://onesearch.id/Search/Results?filter%5b%5d=repoId:IOS15726" target="_blank" rel="noopener">ONESEARCH</a> ||</div> en-US jurnaljikstra@gmail.com (http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jikstra/) feradamayantii@gmail.com (Fera Damayanti) Tue, 30 Apr 2024 16:49:37 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Augmanted Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jikstra/article/view/914 <p>Pembelajaran struktur dan fungsi tumbuhan yang dikerjakan untuk mencapai kompetensi dasar (KD) yang dipelajari. Pembelajaran struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapat terlaksana dengan baik dengan adanya interaksi pembelajaran yang menarik antara pendidik dan peserta didik. Maka dari itu adanya sesuatu yang baru dengan menggunakan <em>Augemented reality </em>(AR) yang membuat pembelajaran menjadi semakin menarik dan akan menumbuhkan minat dari pada peserta didik. Permasalahan yang diteliti oleh peneliti tentang bagaimana gambaran dari kebutuhan simulasi berbasis <em>Augemented reality </em>pada struktur jaringan tumbuhan dan Bagaimana validitas dan kepraktisan pengembangan media simulasi berbasis <em>Augemented reality </em>dengan metode <em>Marker based tracking </em>pada pelajaran struktur jaringan tumbuhan. Nantinya dengan adanya permasalahan yang diteliti oleh penulis mempunyai tujuan yang penggunaan <em>Augemented reality </em>nanti dalam media simulasi dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik menarik dan interaktif bagi siswa dan siswa dapat menggunakan perangkat mobile atau tablet yang umum digunakan saat pada mengakses simulasi AR. Analisis permasalahan sistem yang sedanng diteliti oleh penulis dengan menggunakan software dan hardware yang membantu untuk mengerjakan <em>Augemented reality </em>untuk pembelajaran&nbsp; baru terhadap siswa tentang pembelajaran struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang berisi informasi bersifat 3D. Hasil penelitian yang didapatkan penulis dapat membuat aplikasi <em>Augemented reality </em>untuk meningkat minat para pesertas didik dengan menampilkan gambar 3D dan memuat informasi yang lebih menarik untuk meningkatkan para peserta didik untuk belajar kedepannya. Kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan untuk&nbsp; meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.</p> Hasan Basri Hutagalung, Imran Lubis, Rachmat Aulia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jikstra/article/view/914 Wed, 15 May 2024 04:14:57 +0000