Pemanfaatan AI-Language Model Tools untuk Menunjang Copywriting Skill Jurnalis Media Have Fun

  • Erlin Windia Ambarsari Universitas Indraprasta PGRI
  • Dudi Parulian Universitas Indraprasta PGRI
  • Mohammad Fazrie Universitas Indraprasta PGRI
  • Anatasya Aulya Wilatiktah Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: AI-Language Model Tools, ChatGPT, Copilot, Copywriting

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan AI-Language Model Tools seperti ChatGPT dan Copilot telah berhasil mengatasi tantangan dalam jurnalisme digital di Media Have Fun sebagai platform berita yang fokus pada sektor M.I.C.E. Menghadapi keterbatasan waktu anggota untuk menulis artikel berkualitas, kegiatan ini mengintegrasikan teknologi generatif AI untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas konten. Melalui bimbingan daring, anggota dilatih menggunakan ChatGPT untuk pengumpulan informasi dan analisis konten, serta Copilot untuk pengambilan data otomatis dan penyesuaian konten, termasuk pengolahan Bahasa. Alhasil, terdapat peningkatan signifikan dalam keterlibatan pembaca, ditandai dengan lonjakan pembaca aktif dan baru, serta interaksi yang lebih tinggi pada situs. Namun, tantangan dalam mempertahankan keterlibatan pembaca menunjukkan kebutuhan untuk strategi konten yang lebih adaptif. Kegiatan ini juga menekankan pentingnya menjaga etika jurnalistik dan menghindari plagiarisme, dengan memastikan originalitas konten. Akhirnya, pengabdian ini tidak hanya meningkatkan kemampuan copywriting anggota tetapi juga menggarisbawahi pentingnya adaptasi teknologi dengan pertimbangan etis untuk kemajuan jurnalisme digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, S. (2020). Implementasi Teknik SEO (Search Engine Optimization) pada Artikel untuk Menempati Halaman 1 Pencarian GOOGLE. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(1), 41–48.

Beckett, C. (2019). New powers, new responsibilities. A global survey of journalism and artificial intelligence. https://blogs.lse.ac.uk/polis/2019/11/18/new-powers-new-responsibilities/

Cao, Y., Li, S., Liu, Y., Yan, Z., Dai, Y., Yu, P. S., & Sun, L. (2023). A Comprehensive Survey of AI-Generated Content (AIGC): A History of Generative AI from GAN to ChatGPT. ArXiv, abs/2303.04226. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257405349

Clarke, A. (2022). SEO 2021 Learn Search Engine Optimization with Smart Internet Marketing Strategies. Simple Effectiveness LLC.

Graefe, A. (2017). Guide to Automated Journalism. https://www.cjr.org/tow_center_reports/guide_to_automated_journalism.php

Gupta, M., Akiri, C., Aryal, K., Parker, E., & Praharaj, L. (2023). From ChatGPT to ThreatGPT: Impact of Generative AI in Cybersecurity and Privacy. IEEE Access, 11, 80218–80245. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2023.3300381

Indiraphasa, N. S. (2023). Sejarah Perkembangan AI, dari Komputer Hitung Biasa hingga ChatGPT. NU Online. https://www.nu.or.id/nasional/sejarah-perkembangan-ai-dari-komputer-hitung-biasa-hingga-chatgpt-70Hvs

Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., Warsuta, B., & Sugianto, S. (2023). Kajian Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Generatif dalam Aktivitas Akademik di Politeknik Negeri Jakarta. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 523–533.

Parker, M. (2023, March 29). Copyright in Journalism and News Reporting. Copyright Alliance. https://copyrightalliance.org/copyright-journalism-news-reporting/

Pennycook, G., Epstein, Z., Mosleh, M., Arechar, A. A., Eckles, D., & Rand, D. G. (2021). Shifting attention to accuracy can reduce misinformation online. Nature, 592(7855), 590–595. https://doi.org/10.1038/s41586-021-03344-2

Prawiratama, R. A. (2024). Design of a Generative AI Image Similarity Test Application and Handmade Images Using Deep Learning Methods. Telematika: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 20(3), 326–342.

Qadir, J. (2023). Engineering Education in the Era of ChatGPT: Promise and Pitfalls of Generative AI for Education. 2023 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 1–9. https://doi.org/10.1109/EDUCON54358.2023.10125121

Song, C., & Song, Y. (2023). Enhancing academic writing skills and motivation: assessing the efficacy of ChatGPT in AI-assisted language learning for EFL students. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1260843

Sung, H.-R., Tang, Y.-J., Cheng, Y.-C., Chen, P.-L., Li, T.-Y., & Huang, H.-H. (2023). Sequential Text-based Knowledge Update with Self-Supervised Learning for Generative Language Models. Proceedings of the 32nd ACM International Conference on Information and Knowledge Management, 4305–4309. https://doi.org/10.1145/3583780.3615188

Team EMB. (2023, October 30). The Impact of Artificial Intelligence on Content Creation. Expand My Business. https://blog.emb.global/artificial-intelligence-on-content-creation/

Windiarti, I. S., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4344
Published
2024-04-20
How to Cite
Ambarsari, E. W., Parulian, D., Fazrie, M. and Wilatiktah, A. A. (2024) “Pemanfaatan AI-Language Model Tools untuk Menunjang Copywriting Skill Jurnalis Media Have Fun”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), pp. 20-28. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i01.890.